UTY Kembali Sosialisasikan Pelaksanaan Program Kuliah Di Luar Kampus

UTY Kembali Sosialisasikan Pelaksanaan Program Kuliah di Luar Kampus

UTY Kembali Sosialisasikan Pelaksanaan Program Kuliah di Luar Kampus


Pada hari Senin (27/6), Rektorat Universitas Teknologi Yogyakarta kembali sosialisasikan pelaksanaan program kuliah di luar kampus, yang akan diselenggarakan oleh UTY awal tahun depan. Kegiatan ini, diketahui kembali dilaksanakan secara luring, yang bertempat di Ruang Sidang Lantai 3 Kampus 1 UTY. Adapun peserta yang diketahui hadir dalam pelaksanaan sosialisasi kali ini, ialah seluruh Tenaga Pendidik atau Dosen tetap yang bekerja di UTY.


Tidak berbeda dengan pelaksanaan sosialisasi sebelumnya, sosialisasi kali ini masih terdiri atas 3 sesi. Sesi pertama diisi secara langsung oleh Rektor UTY, yang menjabarkan secara mendetail mengenai bagian pendahuluan, yang berisikan latar belakang dilaksanakannya kurikulum MBKM (Merdeka Belajar-Kampus Merdeka) di UTY, khususnya yang berkaitan dengan kegiatan kuliah di luar kampus, yang merupakan salah satu bagian utama dari kurikulum MBKM tersebut.


Sedangkan untuk sesi ke-2 dan ke-3, sosialisasi ini diisi secara berurutan oleh Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya dan Keuangan, dan Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Riset UTY. Pada sesi ke-2, diketahui Bahagia Tarigan, S.E., M.Si., Akt., CA., CPA, yang merupakan Wakil Rektor II UTY, secara mendetail, telah menjelaskan mengenai kebijakan dan prosedur atas pelaksanaan kegiatan kuliah di luar kampus. Sedangkan pada sesi ke-3, Dr. Arief Hermawan, M.T yang merupakan Wakil Rektor I UTY, diketahui telah menjelaskan mengenai teknis pelaksanaan dari kegiatan kuliah di luar kampus, yang akan dilaksanakan oleh UTY dalam waktu mendatang.


Rektor UTY, Dr. Bambang Moertono Setiawan, M.M., Akt., CA, dalam sambutannya menjelaskan bahwa, acara sosialisasi yang kembali dilaksanakan kali ini, merupakan bentuk upaya yang dilakukan oleh Rektorat UTY, agar setiap sivitas akademika UTY dapat memahami dengan baik, mengenai program kuliah di luar kampus, yang akan dilaksanakan oleh UTY awal tahun depan.


“Besar harapannya, bapak/ibu yang hadir hari ini, dapat memahami dengan baik setiap detail atas pelaksanaan program kuliah di luar kampus ini. Mengingat pentingnya program ini, kami juga berharap, kedepannya bapak/ibu dapat menjelaskan dengan baik mengenai program ini kepada setiap mahasiswa UTY. Karena, pada dasarnya mahasiswa kitalah, yang nantinya akan menjadi pihak, yang merasakan langsung bagaimana pelaksanaan dari kegiatan kuliah di luar kampus. Kita harus pastikan mahasiswa kita paham dengan program ini, sehingga harapannya mereka nantinya akan memilih, pilihan program kuliah di luar kampus, yang menyesuaikan passion mereka masing-masing. Sehingga mereka dapat belajar dengan maksimal, selama mengikuti program ini” ucap Bambang dalam sambutannya.


Mengakhiri pesan sambutannya, Bambang juga menjelaskan, melalui kegiatan di luar kampus ini, besar harapannya setiap mahasiswa yang mengikuti program ini, dapat memaksimalkan dengan baik kesempatan ini. Mahasiswa diharapkan dapat belajar dan sekaligus dapat memperoleh berbagai pengalaman sebanyak mungkin, langsung dari para praktisi dari berbagai jenis industri, yang menjadi mitra UTY dalam pelaksanaan kegiatan ini. Tentu, pengalaman yang diperoleh tersebut, diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan kompetensi setiap mahasiswa, yang sesuai dengan passion dan cita-cita mereka kedepannya.


“Kami berharap, mahasiswa UTY dapat dengan maksimal memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar dengan sebaik mungkin, dan bahkan dapat menjadikan program ini sebagai kesempatan untuk memperoleh pekerjaan secepat mungkin. Karena, mungkin saja, melalui program ini akan terdapat mahasiswa UTY yang mempunyai kinerja yang baik selama mengikuti program ini, akan ditarik dan angkat menjadi karyawan oleh perusahaan, yang menjadi tempat mahasiswa tersebut mengikuti kegiatan ini. Bahkan saya yakin, kedepannya hal ini akan menjadi alternatif solusi rekrutmen karyawan yang ideal, yang akan diterapkan oleh berbagai perusahaan” kata Bambang saat mengakhiri pemaparannya.


menu
menu