Gelar Public Lecture, UTY Hadirkan Dosen Dari Split University

Gelar Public Lecture, UTY Hadirkan Dosen dari Split University

Gelar Public Lecture, UTY Hadirkan Dosen dari Split University


Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), pada Rabu (17/5) lalu, kembali menyelenggarakan kuliah umum yang bertajuk “Situating Croatia on The Political and Cultural Map”. Kuliah umum yang disajikan oleh Prof. Gordan Matas dari Split University Kroasia  tersebut, diketahui telah dihadiri oleh sejumlah mahasiswa UTY dari berbagai Prodi, tepatnya ialah mahasiswa dari Prodi Sastra Inggris, Ilmu Komunikasi dan Ilmu Hubungan Internasional.


Dalam kuliahnya, Prof. Gordan menyampaikan bahwa Kroasia yang dulu merupakan bagian dari Yugoslavia, dan sejak 25 Juni 1991 telah mendeklarasikan dirinya menjadi negara independen. Sejak pecahnya negara Yugoslavia, pada Juni 1991, wilayah negara itu kini terpecah-pecah menjadi tujuh negara, di antaranya ialah Slovenia, Kroasia, Macedonia, Bosnia-Herzegovina, Montenegro, Serbia, dan Kosovo.


Prof. Gordan Matas juga menyampaikan bahwa saat ini Kroasia sedang marak berinvestasi pada teknologi dan bisnis masa depan, di antaranya sedang dalam usaha untuk mengembangkan industri pariwisata dan berinvestasi pada pengembangan kendaraan listrik.


Pada kegiatan public lecture tersebut, Prof. Gordan diketahui juga turut menjelaskan berbagai keuntungan yang kemudian berhasil diperoleh Krosia sejak bergabung dengan Uni Eropa sejak tahun 2013 silam, seperti warga negaranya yang bebas berpergian ke 27 negara eropa. Mereka juga mendapatkan manfaat dari penggunaan mata uang Euro yang tidak perlu ditukarkan dengan mata uang lain di Eropa, dan berbagai keuntungan lain dari bidang pendidikan, ekonomi, dan sektor-sektor lainnya” ujar Prof. Gordan.


“Saya rasa Kroasia sedang berinvestasi untuk masa depan, dengan bergabung ke dalam Uni Eropa, Kroasia mendapatkan banyak keuntungan dalam berbagai sektor, seperti kemudahan dalam mobilisasi ke seluruh Eropa, dalam bidang pendidikan, ekonomi dan perdagangan, dan sektor-sektor lainnya”, ujar Prof. Gordan Matas.


Mahasiswa yang datang untuk mengikuti kuliah umum hari itu, juga tampak antusias dan mengajukan berbagai pertanyaan ke Prof. Gordan Matas. Acara berlangsung meriah dari awal hingga akhir. Ruang Sidang Lantai 3, Kampus 1 Universitas Teknologi Yogyakarta, tampak dipenuhi banyak mahasiswa yang menghadiri kuliah umum tersebut.



menu
menu