Mahasiswa Arsitektur UTY Kembali Berhasil Meraih Prestasi Di Tingkat Nasional

Mahasiswa Arsitektur UTY Kembali Berhasil Meraih Prestasi di Tingkat Nasional

Mahasiswa Arsitektur UTY Kembali Berhasil Meraih Prestasi di Tingkat Nasional


Ucapan selamat patut diberikan kepada mahasiswa Program Studi Arsitektur, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), atas nama Alles Anandhita Achmad, Gumilang Kusuma Putra, dan Bayu Putra Setyawan, atas prestasinya mendapatkan gelar Juara Harapan 1, dalam sayembara desain arsitektur, Archiray, yang digelar Fakutas Teknik, Universitas Hasanuddin, Makassar.


Lomba ini digelar sebagai respon arsitektur terhadap persoalan peningkatan emisi karbon, terutama di sektor residensial. Sayembara ini diharapkan dapat menyubangkan konsep desain hunian yang inovatif dengan pendekatan Net-Zero Emmision.


Dalam lomba ini, Alles, dkk, mengangkat sebuah desain yang bertajuk REN.E (Renewable Earth-Cupuncture). Sebuah desain rumah yang dikembangkan dari persoalan menumpuknya sampah, persoalan banjir, dan polusi di daerah sekitar Waduk Pluit, Jakarta Utara.


Dalam desain ini juga disebutkan penggunaan material daur ulang, seperti paving ecobrick, roster rebrick daur ulang sampah, dan decking daur ulang plana wood. Sehingga terbentuklah sebuah desain rumah yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.


Saat ditanya terkait kesannya, Alles sebagai perwakilan kelompok mengatakan, bahwa ia senang dan bersyukur karena karyanya sudah diapresiasi. “Pastinya senang dan bersyukur karena karya kita sudah diapresiasi oleh juri yang kompeten dan masyarakat yang ikut menyaksikan sayembara ini. Kami berharap semoga karya ini bisa menginspirasi pengembangan desain oleh masyarakat”, ungkapnya.


Sementara itu, Kaprodi Arsitektur UTY, Dr. Ir. Endang Setyowati, M.T., mengatakan bahwa ia dan segenap pengurus Program Studi, bangga dengan prestasi mahasiswanya.


“Tentu kami bangga dengan prestasi-prestasi mahasiswa kami. Selain itu, semoga prestasi yang telah diraih oleh Alles dan kawan-kawan kali ini, dapat turut menginspirasi mahasiswa UTY lainya, terutama bagi mahasiswa dari Prodi Arsitektur, agar semakin termotivasi kedepannya untuk terlibat aktif, dalam mengikuti berbagai kompetisi, baik di bidang akademik maupun non akademik. Tentu, kami dari Prodi akan senantiasa untuk mendampingi”, ungkapnya.  


menu
menu