Mahasiswa Sastra Inggris UTY Raih Beasiswa Kuliah Di Inggris

Mahasiswa Sastra Inggris UTY Raih Beasiswa Kuliah di Inggris

Mahasiswa Sastra Inggris UTY Raih Beasiswa Kuliah di Inggris


Kabar menggembirakan datang dari Program Studi Sastra Inggris Program Sarjana, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), pasalnya seorang mahasiswa dari angkatan 2022 atas nama Syakira Aisyah, berhasil lolos seleksi Program IISMA  (Indonesian International Student Mobility Awards) tahun 2024.


Program IISMA sendiri adalah sebuah program beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, yang memberi kesempatan bagi mahasiswa Sarjana dan Vokasi untuk menggunakan waktu selama satu semester, dalam rangka untuk belajar ke Universitas atau industri di seluruh dunia.


Syakira mengatakan bahwa ia mendaftar di University of Birmingham yang berlokasi di Inggris, dan akan menghabiskan waktu untuk belajar disana mulai bulan September hingga Desember 2024 mendatang. Syakira juga mengaku bahwa dirinya senang dan bersyukur karena sudah diterima dalam program IISMA tahun ini.


“Rasanya kaget bercampur senang saat melihat pengumuman kemarin. Kebetulan University of Birmingham adalah pilihan pertama saya, sehingga saya terkejut karena awalnya tidak yakin dapat lolos pada pilihan pertama tersebut. Rasanya sangat bersyukur bisa dapat kesempatan kuliah ke Inggris”, ungkap Syakira.


Sementara itu, Novia Russilawatie, S.S., M.Hum., selaku Ketua Program Studi Sastra Inggris Program Sarjana, Universitas Teknologi Yogyakarta menyatakan bahwa pihaknya sangat bersyukur dan bangga atas prestasi yang berhasil diraih Syakira, mengingat seleksi untuk program IISMA ini sangat ketat.


Novia meyakini bahwa kemampuan berbahasa Inggris Syakira dan berbagai soft skills yang terasah melalui perkuliahan maupun aktivitasnya dalam ekstra kurikuler dan Himpunan Mahasiswa, memiliki andil besar atas keberhasilannya memenangkan persaingan dalam program ini.


Novia menambahkan bahwa ini adalah kesuksesan kedua dari Prodi Sastra Inggris UTY dalam program IISMA setelah Ristan Taufiq Syukrianto, seniornya, berhasil berangkat ke Lithuania pada periode sebelumnya.


Selanjutnya Novia berharap agar pengetahuan dan pengalaman selama menjalani program di Inggris akan menambah wawasan, mempertajam soft skills dan penguasaan bahasa Inggris Syakira, menambah kepercayaan diri serta memperkuat eksistensinya dan menambah daya saingnya.


“Semoga dengan belajar di University of Birmingham, dapat menambah pengetahuan, wawasan, dan pengalaman, serta mempertajam soft skill. Dengan belajar di Universitas ternama di Inggris, tentu akan mengasah penguasaan bahasa Inggris Syakira, menambah kepercayaan dirinya, dan memperkuat eksistensi serta daya saing”, ungkap Novia.


Terakhir, Novia juga berpesan kepada Syakira agar dia bisa memanfaatkan program ini sebaik-baiknya untuk kepentingan pribadinya, Prodi Sastra Inggris UTY dan rekan-rekan sesama mahasiswa khususnya, dan almamater tercintanya UTY  serta bangsa dan negaranya.


menu
menu