Hadirkan Narasumber Dari Polandia, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UTY Sukses Selenggarakan Kegiatan “Expert Talk”

Hadirkan Narasumber dari Polandia, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UTY Sukses Selenggarakan Kegiatan “Expert Talk”

Hadirkan Narasumber dari Polandia, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UTY Sukses Selenggarakan Kegiatan “Expert Talk”


Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) pada Rabu (24/4) kemarin, bertempat di Kampus 2 UTY, telah sukses menyelenggarakan kegiatan Expert Talk, mengusung tema “Cross Cultural Understanding”. Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah Dosen dari Prodi PBI UTY maupun mahasiswa Prodi PBI dan beberapa mahasiswa lainnya dari berbagai Prodi yang berada di bawah naungan Fakultas Bisnis & Humaniora UTY.


Kegiatan ini turut menghadirkan pembicara dari Polandia, yaitu Ms. Anna Lopatowska, yang dihadirkan untuk menyampaikan materi tentang pemahaman lintas budaya. Anna Lopatowska menyampaikan materinya dengan sharing budaya, mengajarkan bahasa Polandia, dan memutarkan video tentang berbagai adat istiadat, kebiasaan, dan nilai-nilai budaya yang dianut oleh masyarakat Polandia.


Perlu diketahui bahwa, digelarnya kegiatan expert talk kali ini, ialah sebagai salah satu bentuk komitmen dari Prodi PBI UTY dalam rangka untuk meningkatkan kualitas PBM dan lulusan, seiring dengan peningkatan akreditasi Prodi PBI yang telah berhasil meraih predikat “Unggul” dari LAMDIK (Lembaga Akreditasi Mandiri, tertanggal 20 Desember 2022 kemarin.


Dekan Fakultas Bisnis dan Humaniora, Dr. R.Y. Radjaban, M.Hum., yang turut hadir, dalam sambutannya kembali menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kepekaan kita terhadap berbagai perbedaan dan memunculkan rasa saling memahami satu sama lain.


“Penting bagi kita untuk peka terhadap segala perbedaan yang terjadi di masyarakat global, sehingga memunculkan rasa saling memahami satu sama lain. Dengan begitu akan terjalin hubungan yang harmonis antar bangsa-bangsa di dunia”, ungkap Radjaban.


Sementara itu, Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris UTY, Dr. Sayit Abdul Karim, M.Pd., menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Ms. Anna Lopatowska dari Polandia, untuk berbagi pengalaman terkait perbedaan budaya yang dia alami di Polandia dan Indonesia.


“Terima kasih kepada Ms. Anna Lopatowska atas kehadirannya, untuk menyampaikan materi terkait budaya di Polandia dan perbedaannya dengan budaya Indonesia. Materi ini saya kira nantinya akan sangat menarik dan semua yang hadir bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman berdasarkan pandangan dan pengalaman dari Anda, Ms. Anna Lopatowska”, ungkap Dr. Sayit.


Dalam paparannya, Ms. Anna Lopatowska menyampaikan pentingnya memahami budaya asing dan mempelajari aspek budaya penutur agar dapat membangun komunikasi dan hubungan yang harmonis dalam pergaulan global.


“Rendahnya pengetahuan dan pemahaman akan nilai budaya asing akan menyebabkan konflik budaya dan cultural shock yang sangat merugikan kita semua sebagai warga dunia” ungkap Ms. Anna.


Ms. Anna juga menjelaskan berbagai hal tentang Polandia, mulai dari bahasa, adat-istiadat, kuliner, kondisi demografis, dan tempat-tempat menarik untuk dikunjungi di Polandia. Dalam amatan kami, seluruh peserta Expert Talk yang hadir tampak begitu bersemangat mengikuti jalannya seluruh materi. Mereka juga dengan sangat antusias mengulik berbagai pertanyaan dari pemateri.


menu
menu