Kuliah Umum Arsitektur: Mengharmoniskan Disain Ruang Publik

Kuliah Umum Arsitektur: Mengharmoniskan Disain Ruang Publik

Kuliah Umum Arsitektur: Mengharmoniskan Disain Ruang Publik

Penataan public space dengan mengharmonisasikan desain, terus menjadi permasalahan seiring meningkatnya jumlah penduduk, sementara keberadaan lahan adalah tetap. Menghadapi permasalahan itu, Prodi Arsitektur UTY, mengadakan kuliah umum dengan tema “Architecture of Place: Toward Succesful Public Space.” Kuliah umum tersebut diadakan di Ruang C11 Kampus 2 UTY pada Jumat, 1 November 2019.

Hadir sebagai pembicara, Dr. Bambang Karsono, Kepala Departemen Arsitektur Universitas Malaysia Serawak. Dalam pemaparannya, Bambang menyampaikan perlunya konsep arsitektur yang dapat mengakomodasi keperluan darimasyarakat urban. Disain bangunan di ruang publik diupayakan dapat meningkat kualitas lingkungan.

Menururt Bambang Karseno, strategi yang perlu dilakukan adalah menciptakan bangunan dan disain yang nyaman sehingga dapat membuat masyarakat betah untuk tinggal dan melakukan aktivitas bersama. Disain dan bangun, pada akhirnya menjadi harmonis dengan dijadikannya ruang bersama oleh masyarakat urban.

Ketua Prodi Arsitektur UTY, Dita Ayu Rani Natalia, ST., M.Sc., menyambut baik diadakannya kuliah umum tersebut. Dita menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini diharapkan dapat menambah wawasan kepada mahasiswa arsitekur. Bahwa arsitektur harus bersinergi dengan lingkungan sehingga rasa peduli menjadi hal yang diutamakan.

menu
menu