Mahasiswa Prodi Arsitektur UTY Kembali Raih Prestasi Di Tingkat Nasional

Mahasiswa Prodi Arsitektur UTY Kembali Raih Prestasi di Tingkat Nasional

Mahasiswa Prodi Arsitektur UTY Kembali Raih Prestasi di Tingkat Nasional


Kabar gembira kembali datang dari Program Studi Arsitektur Program Sarjana, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY). Hal ini dikarenakan ketiga mahasiswanya atas nama M Akmal Maulana, Dholi Rahmadani, dan Bahrul Alam, berhasil meraih Juara 2 dalam Sayembara Desain Tingkat Nasional “Archiray IX: Sayembara Desain Post Disaster Rapid Shelter” yang digelar pada akhir bulan Mei lalu oleh Universitas Hasanuddin, Makassar.


Raihan gelar Juara 2 dalam ajang ini, berhasil diraih setelah tim dari UTY tersebut mengirimkan hasil karyanya, dan kemudian dinyatakan lolos menjadi salah satu finalis akhir setelah dilakukan penjurian pada tahap pertama. Total terdapat 5 tim yang diketahui berhasil menjadi finalis akhir, dan kemudian diminta untuk melakukan presentasi secara langsung di hadapan para juri pada tanggal 21 Mei lalu, bertempat di Universitas Hasanuddin, Makassar. Adapun keempat tim lainnya yang turut menjadi finalis akhir bersama dengan tim UTY tersebut ialah tim dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Lambung Mangkurat, dan Universitas Kristen Duta Wacana.


Akmal, Dholi, dan Bahrul, berhasil meraih Juara dengan desain arsitektur berupa Shelter untuk pengungsi bencana banjir di Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung. Desain ini dimaksudkan untuk membangun tempat penampungan darurat dan sementara bagi para korban bencana, serta dapat dijadikan hunian sementara bagi mereka yang membutuhkan upaya rehabilitasi dan pemulihan trauma kehilangan.


Akmal, sebagai salah satu anggota kelompok menuturkan, bahwa dirinya bangga karena desain arsitekturnya tersebut mendapat apresiasi yang luas dari berbagai pihak. “Bersyukur, karena karya kami diapresiasi dan mampu mendapatkan gelar juara 2 dalam ajang tersebut”, ujar Akmal ketika dihubungi.


Sementara itu, Kaprodi Arsitektur UTY, Dr. Ir. Endang Setyowati, M.T., mengungkapkan kebanggaannya terhadap prestasi-prestasi mahasiswa Prodi Arsitektur UTY. Ia berharap bahwa raihan prestasi tersebut dapat dilanjutkan oleh mahasiswa Arsitektur UTY lainnya, dan mampu menjadi pemicu bagi mahasiswa lainnya untuk turut meraih prestasi sebanyak mungkin. “Kami bangga dengan segala prestasi mahasiswa Prodi Arsitektur UTY, harapannya prestasi tersebut bisa disalurkan dan ditularkan ke adik-adik mahasiswa yang lain. Kami dari pihak Prodi akan senantiasa untuk memandu dan memfasilitasi setiap prosesnya”, ucap Endang.


menu
menu