Gandeng PMI Kabupaten Sleman, UKM Mapala UTY Gelar Kegiatan Donor Darah

Gandeng PMI Kabupaten Sleman, UKM Mapala UTY Gelar Kegiatan Donor Darah

Gandeng PMI Kabupaten Sleman, UKM Mapala UTY Gelar Kegiatan Donor Darah


Pada hari Selasa (29/11), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) diketahui telah menyelenggarakan kegiatan aksi donor darah, yang diselenggarakan di area Kampus 1 UTY. Kegiatan tersebut diketahui dapat terlaksana dengan baik atas kerja sama yang dijalin antara UKM Mapala UTY dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Sleman, dengan target peserta donor ialah seluruh sivitas akademika UTY.


Turut hadir yang menjadi peserta atas kegiatan donor darah ini ialah beberapa pejabat struktural di lingkungan UTY, seperti Dr. Bambang Moertono Setiawan, M.M., Akt., CA selaku Rektor UTY, Dr. Arief Hermawan, M.T., IPU selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Riset, dan Dr. Eko Setyo Humanika, M.Hum selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Selain itu, tentu turut hadir pula beberapa dosen dan karyawan, serta mahasiswa dari berbagai Prodi di lingkungan UTY.


Dani Darmawan selaku Ketua UKM Mapala UTY, yang ditemui di lokasi pelaksanaan kegiatan ini, menjelaskan bahwa kegiatan aksi donor darah yang diselenggarakan oleh UKM Mapala UTY saat ini, merupakan salah satu bentuk kegiatan yang memang secara rutin selalu dilakukan oleh UKM ini, sebagai bentuk aksi kemanusiaan dan kepedulian. Lebih lanjut Dani juga menjelaskan bahwa, kegiatan aksi donor darah ini, juga terselenggara sebagai salah agenda untuk merayakan pelaksanaan dies natalies UTY tahun ini oleh UKM Mapala UTY. 


“Kegiatan aksi donor darah ini merupakan salah satu program kerja yang secara rutin selalu kami selenggarakan melalui UKM Mapala ini sebagai aksi kepedulian kami terhadap kemanusiaan, terlebih hingga saat ini Provinsi DIY ternyata masih mengalami kekurangan stok jumlah darah. Namun memang, beberapa tahun terakhir ini, agenda aksi donor darah oleh UKM kami ini sempat terhenti, dikarenakan adanya wabah Pandemi Covid-19. Sehingga, kegiatan kami kali ini, akan menjadi kegiatan perdana kami dalam menyelenggarakan aksi donor darah, setelah vakum beberapa tahun terakhir. Besar harapannya aksi kami ini, dapat memberikan manfaat yang signifikan, sehingga kebutuhan akan stok jumlah darah di Provinsi DIY dapat terpenuhi” ucap Dani. 


Sementara itu, Eko selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UTY, yang ditemui di ruangannya, menjelaskan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh UKM Mapala UTY ini merupakan sebuah kegiatan yang sangat positif, dan dapat menjadi wadah untuk membangkitkan jiwa kemanusiaan dan kepedulian dengan sesama setiap sivitas akademika UTY, dengan menjadi peserta donor kali ini.


“Kami sangat mengapresiasi aksi yang diselenggarakan oleh UKM Mapala UTY kali ini. Kegiatan ini sangat positif, tentu Kampus sangat mendukung. Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan ini, UTY melalui UKM Mapala UTY dapat turut berkontribusi secara signifikan bagi Provinsi DIY, dengan turut menambahkan jumlah stok kantong darah yang memang sangat dibutuhkan saat ini” kata Eko.


menu
menu