Mahasiswa Arsitektur UTY Kembali Raih Prestasi Nasional

Mahasiswa Arsitektur UTY Kembali Raih Prestasi Nasional

Mahasiswa Arsitektur UTY Kembali Raih Prestasi Nasional


Selamat kepada Andhika Yudhana Wiratama, Muhammad Yustar Afif, dan Fathurrahman, tiga mahasiswa Prodi Arsitektur Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) angkatan 2020 atas prestasinya, meraih juara 3, dalam ajang Countryard#1, sebuah ajang sayembara desain arsitektur yang digelar oleh Universitas Brawijaya pada tahun ini, dengan tajuk “Competition for the Sustainable and Visionary”.


Pada kompetisi ini, Andhika dan rekan timnya, dalam desainnya diketahui telah mengangkat tajuk “Arambhana Shiksha” disingkat menjadi “Arashi”.


Arambhana Shiksha merupakan kata yang berasal dari bahasa Sansekerta. Arambhana bermakna taman atau tempat untuk memulai. Sedangkan Shiksha bermakna pendidikan, utamanya pendidikan yang berkaitan dengan karakter dan kepribadian.


Dalam membangun desainnya, Andika dan kawan-kawan, telah mengangkat konsep Livable (nyaman dan layak huni), artinya mereka membangun desain untuk membuat pengguna nyaman beraktivitas di ruang publik. Kemudian Sustainable, artinya mereka membuat desain bangunan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Selanjutnya, Resilience, yang artinya bangunan juga harus tangguh dan kokoh agar bisa bertahan selama mungkin.


Dalam keterangannya, Andhika selaku perwakilan tim, mengungkapkan rasa senangnya atas apresiasi dan penghargaan yang telah mereka terima. “Tentu kami senang dan bangga, bisa mendapatkan gelar juara di ajang ini. Kami mengucapkan terima kasih atas segala dukungan yang diberikan, sehingga kami bisa mendapatkan gelar juara 3”, ujar Andhika.


Sementara itu, Kaprodi Arsitektur UTY, Dr. Ir. Endang Setyowati, M.T., turut mengapresiasi dan menyambut baik atas mahasiswanya yang berhasil meraih gelar juara. Menurutnya, capaian ini kembali menjadi bukti, bahwa mahasiswa UTY selalu mampu berkompetisi dan mendapatkan gelar juara pada setiap ajang yang diikuti, baik di tingkat regional, nasional hingga internasional.


“Sekali lagi, mahasiswa Arsitektur UTY membuktikan bahwa mereka mampu berkompetisi dan menjuarai lomba. Ini adalah hal baik yang harus ditularkan kepada mahasiswa-mahasiswa lain”, ungkap Endang.


Mengakhiri pesannya, Endang mengajak mahasiswa UTY, khususnya dari Prodi Arsitektur untuk mengikuti jejak Andhika dan tim, yang telah berhasil meraih prestasi. “Mahasiswa yang mengikuti lomba akan selalu kami support dan berikan pembimbingan”, ungkap Endang.


menu
menu