Mahasiswa UTY Raih Juara 2 Dan 3 Dalam Sayembara Desain Arsitektur Tingkat Nasional

Mahasiswa UTY Raih Juara 2 dan 3 Dalam Sayembara Desain Arsitektur Tingkat Nasional

Mahasiswa UTY Raih Juara 2 dan 3 Dalam Sayembara Desain Arsitektur Tingkat Nasional


Ucapan selamat patut diberikan kepada mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), atas nama Dimas Haibal Lissani Djomantara dan Rizky Aditya Ramadhan dari Prodi Arsitektur angkatan 2021, serta Puji Akbar Panji Agudan dari Prodi Arsitektur angkatan 2019, atas prestasinya yang mendapatkan gelar Juara 2 dan 3 dalam ajang Sayembara Desain Arsitektur Place “Flexibility in Small House” 2023, di Universitas Sam Ratulangi, Manado.


Lomba ini sendiri berangkat dari persoalan pertumbuhan jumlah penduduk yang tidak diimbangi dengan ketersediaan lahan untuk hunian, terutama bagi masyarakat menengah kebawah. Selain itu, guna merespon perubahan iklim, dibutuhkan desain arsitektur yang mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan.


Oleh sebab itu, mahasiswa UTY mengikutsertakan karya desainnya dalam lomba ini, agar mereka dapat menyumbangkan karya desain arsitektur yang mampu menjadi solusi bagi minimnya ketersediaan lahan dan beradaptasi dengan perubahan iklim.


Dalam lomba ini, Dimas dan Rizky (Juara ke-2) diketahui telah mengangkat desain arsitektur yang diberi tajuk “Our House” (Rumah Kita). Sebuah desain bangunan rumah masa kini, yang ditujukan bagi kalangan menengah kebawah, yang dilengkapi dengan area usaha dan menggunakan material lokal serta dapat didaur ulang.


Desain rumah yang dibuat oleh Dimas dan Risky, juga dibuat dengan struktur yang tahan gempa dan bebas banjir, serta mengedepankan fleksibilitas ruang dan kenyamanan pengguna. Saat dikonfirmasi terkait lomba ini, Dimas sebagai anggota tim, mengaku bangga dan senang karena karyanya mendapat apresiasi dari juri-juri yang kompeten.


“Tentu kami senang, dan lomba ini menjadi pemicu semangat kami untuk terus menghasilkan karya-karya arsitektur yang berguna bagi masyarakat”, ucap Dimas.


Sementara, Puji Akbar (Juara ke-3) mengangkat desain arsitektur yang diberi judul “Rumah Tamah”, sebuah desain rumah yang dibuat secara vertikal untuk mengatasi keterbatasan lahan. Desain rumah ini sangat cocok digunakan untuk keluarga yang tinggal di pemukiman yang padat dengan lahan yang terbatas. Senada dengan Dimas dan Rizky, Puji Akbar mengaku bahwa ia sangat senang karena karyanya mendapat apresiasi dan ikut memenangkan lomba.


“Tentu saja saya senang karena karya saya mendapatkan apresiasi, dan semoga karya saya nanti bisa dimanfaatkan untuk menjadi salah satu terobosan dalam permasalahan keterbatasan lahan”, ungkap Puji Akbar.


Dalam kesempatan yang berbeda, Kaprodi Arsitektur UTY, Dr. Ir. Endang Setyowati, M.T., juga ikut mengapresiasi mahasiswanya yang memenangkan lomba. “Tentu kami dari Prodi juga ikut merasa sangat bangga, dan sekali lagi ini bisa menjadi bukti bahwa mahasiswa UTY, khususnya mahasiswa dari Prodi Arsitektur mampu bersaing dan meraih juara dalam setiap lomba yang diikuti” ungkap Endang.


menu
menu