Mahasiswa UTY Raih Juara II Lomba Esai Yang Digelar FCPI UGM

Mahasiswa UTY Raih Juara II Lomba Esai yang digelar FCPI UGM

Mahasiswa UTY Raih Juara II Lomba Esai yang digelar FCPI UGM


Apresiasi yang setinggi-tingginya patut diberikan kepada mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) atas nama Gracella Angelina Item, Alifia Virnawati, dan R.A. Nasyiah Dinillah Asnawi, mahasiswa dari Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota, atas raihan prestasinya meraih Juara II dalam gelaran lomba esai bertajuk “Empowering Indonesia’s Sustainable Future: The Critical Role of Youth In Achieving Vision 2045”, yang digelar oleh Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Universitas Gadjah Mada (UGM).


FPCI sendiri merupaka sebuah organisasi berbasis pemikiran yang berfokus pada promosi dan pembentukan kebijakan internasional yang positif di Indonesia.


Dalam kompetisi esai yang digelar FCPI UGM pada tahun ini, Gracella, Alifia, dan Nasyiah, diketahui telah menulis sebuah esai yang berjudul “Pengembangan Penerapan Climate Justice dan Youth Action dalam Upaya Adaptasi dan Mitigasi di Kampung ProKlim Sangurejo”.


Secara garis besar, esai ini berusaha mengangkat keberhasilan sebuah kampung, yang menerima Program Kampung Iklim, yang memungkinkan mereka melakukan berbagai upaya mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim yang sedang terjadi. Program Kampung Iklim sendiri merupakan program yang mengakui partisipasi aktif masyarakat yang mendukung peningkatan ketahanan masyarakat terhadap perubahan iklim.


Saat ditanya mengenai bagaimana tanggapan mereka terkait gelar juara yang telah didapatkan, Gracella, sebagai anggota tim menyampaikan bahwa ia dan teman-teman merasa senang dan bangga atas apresiasi yang diberikan. “Tentu kami senang dan bangga, karena esai kami berhasil mendapatkan apresiasi dan penghargaan. Yang lebih penting lagi, semoga karya esai kami dapat dijadikan sebagai model pembelajaran bahwa perubahan iklim dapat disikapi dengan partisipasi aktif masyarakat”, ungkapnya.


Sementara itu, Kaprodi Perencanaan Wilayah dan Kota UTY, Ratika Tulus Wahyuhana, S.T., M.T., ikut menyampaikan apresiasinya kepada para mahasiswanya, yang kembali meraih prestasi. Menurut Ratika, penting bagi mahasiswa untuk sebanyak-banyaknya mengikuti lomba dan meraih prestasi, sebab di dalam berbagai kompetisi tersebut, mahasiswa akan diuji oleh pihak-pihak yang kompeten di bidangnya, dan tentunya hal tersebut akan menjadi pengalaman yang sangat penting bagi mahasiswa.


“Tentu kami selaku pengelola Program Studi, menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada mahasiswa yang memenangkan lomba. Berbagai lomba memang sangat penting untuk diikuti mahasiswa sebab karya yang mereka kumpulkan nantinya akan diuji oleh pihak-pihak yang kompeten dan mahasiswa harus sanggup mempertahankannya. Sekali lagi selamat kepada Gracella, Alifia, dan Nasyiah, atas prestasinya”, ungkap Ratika.


menu
menu