UTY Kembali Lakukan Diskusi Rencana Kerja Sama Mengenai Program MBKM Dengan Pemerintah

UTY Kembali Lakukan Diskusi Rencana Kerja Sama Mengenai Program MBKM dengan Pemerintah

UTY Kembali Lakukan Diskusi Rencana Kerja Sama Mengenai Program MBKM dengan Pemerintah


Pada hari Kamis (30/6), Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) melalui Rektorat, Dekanat dan Bidang Kemitraan dan Hubungan Internasional UTY, kembali berkunjung ke kantor pemerintah. Kali ini, diketahui bahwa rombongan UTY tersebut, telah melakukan kunjungan ke Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kunjungan tersebut dilakukan dengan tujuan, untuk melakukan diskusi rencana kerja sama, yang akan dilaksanakan kedepannya, antara UTY dengan Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul. Dalam kunjungan tersebut, diketahui rombongan UTY telah disambut secara langsung oleh Sekretaris Bappeda Kabupaten Gunung Kidul, beserta dengan beberapa jajaran stafnya, yang bertempat di ruang rapat kepala, Kantor Bappeda Kabupaten Gunung Kidul.


Dalam kunjungan dan diskusi tersebut, secara mendetail pihak UTY telah menjelaskan mengenai rancangan kerja sama, yang dapat dijalin kedepannya dengan Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul. Adapun salah satu bentuk rancangan kerja sama yang diusulkan, yang kemudian menjadi bahasan utama dalam diskusi tersebut ialah mengenai implementasi program kuliah di luar kampus, yang merupakan bagian dari program MBKM (Merdeka Belajar-Kampus Merdeka) di UTY. Seperti yang diketahui, UTY telah mulai menggunakan kurikulum tersebut sejak tahun 2020.


Dr. Bambang Moertono Setiawan, M.M., Akt., CA, yang merupakan Rektor UTY, dalam sambutannya telah menyampaikan bahwa, UTY berharap dalam waktu mendekat, dapat segera untuk melakukan berbagai kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, melalui skema kerja sama yang dibahas hari ini, utamanya yang berkaitan dengan program MBKM. Mengingat, kerja sama yang ditawarkan ini, merupakan sebagai wujud komitmen UTY, untuk turut andil mendukung Pemerintah, dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi setiap warga Indonesia, utamanya yang berkuliah di UTY melalui kurikulum MBKM ini.


“Salah satu bagian penting dari MBKM ialah adanya program kuliah di luar kampus. Melalui program ini, setiap mahasiswa di UTY nantinya akan diwajibkan untuk berkuliah selama 2 semester di luar perguruan tinggi. Artinya mahasiswa kami nantinya, akan diberi kesempatan sesuai dengan passion mereka masing-masing, untuk memilih berbagai tawaran program kuliah di luar kampus. Sehingga, harapannya melalui program ini, setiap mahasiswa UTY akan diberikan wadah, untuk belajar semaksimal mungkin, serta untuk memperoleh pengalaman sebanyak mungkin, langsung dari para praktisi, yang bekerja di institusi/organisasi, yang menjadi tempat mahasiswa kami melakukan kuliah di luar kampus tersebut. Tentu, dengan adanya program ini, kualitas pendidikan yang ditawarkan akan menjadi semakin baik, dan kami yakin pemerintah, utamanya Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, dapat turut mendukung dan menyambut baik adanya tawaran kerja sama ini” ucap Bambang dalam sambutannya.


Sementara itu, Hermawan Yustianto, S.E., M.Si, yang merupakan Sekretaris Bappeda Kabupaten Gunung Kidul, dalam sambutannya, sangat menyambut baik adanya tawaran kerja sama yang disampaikan oleh UTY kali ini.


“Pertama, kami ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak UTY, yang telah berkunjung hari ini. Terlebih dalam kunjungan ini, terdapat bahasan diskusi yang sangat positif, yang sangat memungkinkan untuk segera dilaksanakan kedepannya. Tentu, kami sangat terbuka dan menyambut baik adanya tawaran kerja sama ini. Kedepannya, kami juga berharap akan banyak kolaborasi kerja sama lainnya, yang dapat segera dilaksanakan oleh UTY dengan Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul. Mengingat, kami juga sangat membutuhkan bantuan UTY, untuk turut bergabung menyelesaikan berbagai persoalan di Kabupaten Gunung Kidul, yang diharapkan dapat terselesaikan melalui kolaborasi kerja sama ini” kata Hermawan dalam sambutannya.


menu
menu